Cara Menjadi Reseller Sukses

Reseller adalah orang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen. Reseller sendiri bukanlah bagian dari supplier sehingga untuk menjadi reseller, kamu harus mengeluarkan modal sendiri untuk membeli produk langsung kepada supplier. Dan kamu juga harus menyetok barang terlebih dahulu.

Di jaman yang serba digital ini, banyak orang yang menentukan jalan karirnya sebagai reseller. Mengingat begitu luas pasar yang dapat dijangkau dengan media online, gak sedikit reseller yang sampai menyetok barang dalam jumlah banyak.

Namun, sayangnya harapan gak sesuai dengan kenyataan. Barang-barang yang diyakini akan ludes terjual, malah mangkrak di gudang. Alhasil, modal gak kembali dan ujung-ujungnya malah gulung tikar.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi reseller, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips sukses menjadi reseller berikut ini supaya gak sampai gulung tikar.

Baca juga: Dijamin Sukses! 10 Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil

1. Tentukan Fokus Produk

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah tentukan fokus produk yang akan dijual. Banyak reseller yang gado-gado, alias menjual semua barang sehingga membuat konsumen bingung. Misalnya kamu ingin menjual perlengkapan olahraga, maka fokuslah di sana dan jangan menyebar ke peralatan dapur.

2. Cari Produsen yang Tepat

Karena kamu gak produksi barang sendiri, maka tentu saja kamu membutuhkan produsen untuk bisa nyetok barang. Nah, jangan asal cari produsen, tapi carilah yang tepat. Maksudnya yang bisa mendukung penjualanmu hingga jangka panjang. Sebab gak sedikit produsen yang terkesan acuh dengan reseller sehingga reseller kesulitan untuk nyetok produk yang sedang laris.

3. Bangun Brand

Meskipun hanya reseller,  usahamu pun juga butuh nama dan logo. Carilah nama yang singkat, unik, dan mudah diingat. Kemudian bangun brand itu sampai dikenal banyak orang. Ketika nama brand sudah terkenal, maka kesuksesan akan menghampirimu.

4. Gencar Promosi

Jangan kira sekali broadcast WA, produkmu akan langsung ludes terjual. Alih-alih terjual, kadang pesan massalmu hanya lewat begitu saja, tanpa dibaca. Oleh karenanya jangan lelah untuk terus promosi dengan berbagai cara, misalnya lewat email atau memanfaatkan sosial media.

Baca juga: 6 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

5. Harga Jual

Sebagai reseller, tentu kamu akan mencari laba dari barang yang dijual. Tapi usahakan untuk gak terlalu banyak mencari untung, ya! Karena di luar sana, ada banyak reseller yang juga bermain harga. Usahakan survey harga terlebih dahulu sebelum menentukan harga yang pasti untuk produk yang kamu jual.

6. Varian Harga

Setelah menentukan harga barang, jangan lupa juga untuk membuat varian. Misalnya dapat diskon saat melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Ini salah satu trik yang bisa meningkatkan nilai jual. Kamu gak perlu risau karena laba menurun, yang penting stok produk di gudangmu gak sampai dihinggapi jaring laba-laba.

7. Jalin Relasi

Gak bisa dipungkiri, relasi adalah salah satu faktor pendukung kesuksesan seseorang. Sebagai pebisnis, kamu gak boleh pasif dan berjuang seorang diri. Carilah relasi seluas-luasnya karena nanti relasi itu yang akan membantu mengembangkan usahamu.

Baca juga: 6 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

8. Tingkatkan Kepercayaan

Saat bisnismu sudah mulai dikenal banyak orang, jangan lupa untuk jaga kepercayaan mereka. Sebab, gak mudah mendapat kepercayaan sehingga sangat rugi jika kamu bermain-main dengan kepercayaan konsumen.

9. Bersyukur

Dan jangan lupa untuk tetap bersyukur dan selalu memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sadarlah bahwa bisnismu gak akan berkembang tanpa bantuan-Nya sehingga sudah sepantasnya kamu bersyukur dan terus berdoa.

Nah, itulah beberapa tips atau cara jadi reseller sukses yang bisa kamu lakukan. Suka dengan artikel ini? Jangan lupa dishare, ya!