Bisnis sewa apartemen adalah salah satu jenis bisnis yang cukup banyak digandrungi saat ini. Hal tersebut dikarenakan hasil yang cukup menggiurkan sehingga gak sedikit pengusaha yang menginvestasikan isi dompetnya untuk terjun ke bisnis yang satu ini.

Terlebih lagi gaya hidup kebanyakan anak muda sekarang sangat mendukung, yang mana generasi milenial lebih suka tinggal di apartemen daripada rumah kos atau kontrakan. Meski harus mengeluarkan uang lebih banyak, mereka gak terlalu mempermasalahkan asal bisa mendapat kenyamanan.

Melihat fenomena itu, tentu bisnis sewa properti cukup diminati. Apakah kamu juga ingin terjun ke dalam bisnis ini? Sebelum mulai, alangkah baiknya kamu membaca beberapa tips berikut ini agar bisnis penyewaan apartemen milikmu bisa berkembang dengan cepat.

Baca juga: Dijamin Sukses! 10 Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil

1. Cari Lokasi yang Strategis

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mencari lokasi apartemen sebab lokasi menentukan harga sewa. Semakin strategis lokasi apartemenmu, maka semakin mahal pula harga sewanya.

Lokasinya gak harus di pusat kota, tapi carilah di tempat yang mobilitasnya padat, misal daerah kampus, kantor, rumah sakit, dan tempat-tempat umum lainnya.

2. Menentukan Target Pasar

Selanjutnya, kamu bisa menentukan target yang akan kamu bidik. Misalnya target apartemenmu adalah mahasiswa, maka kamu bisa menyesuaikan fasilitas dan harga sewa. Begitupun dengan target karyawan, tentu fasilitas dan harga sewanya berbeda. Oleh karenanya, menentukan target pasar sangat penting sebelum memulai usaha.

3. Renovasi dan Dekorasi

Setiap calon penyewa pasti selalu mempertimbangkan tampilan dari apartemen yang akan dihuni. Ketika dekorasi kurang menarik, maka bukan gak mungkin nantinya calon penghuni akan lari ke apartemen lain. Maka dari itu, lakukan renovasi dan dekorasi yang apik, yang bisa membuat penghuni nyaman.

Baca juga: Terbukti, Inilah 9 Cara Menjadi Reseller Sukses

4. Promosi

Saat apartemen sudah siap untuk disewakan, maka kamu harus mulai mempromosikannya. Ada banyak cara untuk promosi, misalnya menggunakan selebaran maupun membeli slot iklan digital. Sekarang sangat banyak media promosi sehingga memudahkanmu untuk menjaring pasar yang lebih luas.

5. Kenali Calon Penyewa

Ketika ada yang ingin menyewa apartemen, jangan lupa untuk mengenalinya terlebih dahulu dengan meminta kartu tanda pengenal (KTP, SIM, dan sebagainya) untuk mengantisipasi supaya gak terjadi masalah dikemudian hari.

6. Gunakan Agen Properti

Mengelola bisnis apartemen memang cukup melelahkan dan banyak harus diurus. Jika dirasa gak mampu dikelola sendiri, ada baiknya kamu menggunakan jasa agen properti. Tapi ingat, jangan asal menggunakan agen properti. Perhatikan kredibilitas dan eksistensinya terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa tips atau kiat memulai usaha penyewaan apartemen untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lain hanya di Jobstren.com – Portal Bisnis Milenial.