Pindah kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya adalah sebuah hal wajar dalam dunia karir. Hal tersebut adalah proses pencarian bidang kerja dan perusahaan yang tepat.

Ketika sudah mendapat yang sangat cocok di hati, maka pindah kerja tidak akan dilakukan lagi.

Namun, sering pindah kerja juga akan memberi sedikit dampak negatif bagi kita. Salah satunya adalah kita dianggap sebagai seseorang yang tidak memiliki komitmen.

Selain itu, saat kita suka pindah tempat kerja, maka pada proses interview selanjutnya, ada satu pertanyaan klasik yang pasti akan ditanyakan kepada kita, yaitu:

“kenapa berhenti kerja di perusahaan sebelumnya?”

Alasan Berhenti Kerja Saat di Interview

Yap, pertanyaan tersebut pasti akan ditanyakan oleh tim penguji. Agar terlihat profesional, kita tidak boleh asal menjawab. Adapun jawabannya adalah sebagai berikut:

1. Gaji Kecil

Kita bisa mengatakan bahwa gaji di perusahaan sebelumnya kurang. Hal tersebut bisa menggambarkan kekecewaan kita bahwa usaha dan kerja keras tidak dihargai sebagaimana mestinya.

2. Sistem Perusahaan yang Kurang Baik

Tidak semua perusahaan memiliki sistem yang tertata dengan baik. Kadang ada perusahaan yang menggunakan sistem semaunya sendiri yang terkesan merugikan karyawan. Maka dari itu, jika hal tersebut memang terjadi, kita bisa menggunakannya sebagai alasan saat interview.

3. Lingkungan Kerja yang Tak Sehat

Kita juga bisa memberi asalan resign bahwa di tempat kerja sebelumnya memiliki budaya dan lingkungan kerja yang tak sehat. Artinya adalah saling menjatuhkan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya.

4. Mendapat Tawaran yang Lebih Menjanjikan

Ada juga seorang karyawan yang memutuskan berhenti kerja karena mendapat tawaran baru yang lebih menjanjikan, misalnya gaji tinggi ataupun jenjang karir. Alasan ini bisa kita gunakan ketika ditanya oleh tim penguji saat interview.

5. Deskripsi Pekerjaan yang Semrawut

Kadang ada seorang karyawan yang diberi tugas tambahan secara terus-menerus oleh atasannya sehingga tugas utama yang menjadi terbengkalai. KIta bisa menggunakan jawaban ini saat ditanya kenapa berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya.

6. Tidak Sesuai Passion

Bekerja tidak sesuai passion memang akan membuat kita tertekan. Maka dari itu, kita harus bisa memastikan bahwa perusahaan yang dituju saat ini benar-benar bidang kerja yang sesuai dengan passion kita.

7. Lanjut Kuliah

Ini terdengan sebagai jawaban klasik, tapi tidak ada salahnya digunakan. Sebab dengan mengetahui bahwa kita melanjutkan kuliah, maka tim penguji akan melihat bahwa kita adalah orang yang berpendidikan.

8. Tidak Mendapat Apresiasi

Mendapat apresiasi dari perusahaan adalah sebuah kebahagiaan yang bisa meningkatkan semangat. Tapi jika usaha dan kerja keras kita tidak dihargai, maka muncullah rasa malas dan enggan untuk bekerja. Apalagi yang ada hanyalah evaluasi kinerja, maka seakan-akan karyawan tidak pernah benar di mata perusahaan.

9. Ikut Suami ke Luar Kota

Alasan berhenti kerja yang satu ini bisa digunakan khusus untuk wanita. Mengikuti suami yang dipindah tugas ke luar kota menjadi salah satu alasan yang cukup bijaksana karena bagaimanapun juga istri yang baik adalah istri yang mengikuti saran dari suaminya.

Nah, itulah beberapa alasan berhenti kerja yang baik saat interview. Jawablah dengan jujur karena bagaimanapun juga tim penguji adalah orang berpengalaman sehingga mengetahui secara betul, apakah jawaban kita itu jujur atau hanya mengada-ada.

Sumber : Sastrawacana.id